Sabtu, 29 Juni 2013

Special effect (Effek Khusus)


Ilusi atau trik dari mata yang digunakan dalam film, televisi, teater, video game, dan industri simulator untuk mensimulasikan peristiwa dibayangkan dalam sebuah cerita atau dunia maya secara tradisional disebut efek khusus (sering disingkat sebagai SFX, SPFX, atau hanya FX) .
Efek khusus(special) secara tradisional dibagi dalam kategori efek optik dan efek mekanik. Dengan munculnya alat pembuatan film digital perbedaan besar antara efek khusus dan efek visual telah diakui, dengan "efek visual" mengacu digital pasca-produksi dan "efek khusus" mengacu pada-set efek mekanis dan di-kamera optik efek.
Efek optik (juga disebut efek fotografi), adalah teknik di mana gambar atau frame film yang dibuat fotografi, baik "in-camera" menggunakan beberapa eksposur, Mate, atau proses Schüfftan, atau dalam proses pasca produksi menggunakan printer optik. Efek optik dapat digunakan untuk menempatkan aktor atau set dengan latar belakang yang berbeda.








Efek mekanis (juga disebut efek praktis atau fisik) biasanya dilakukan selama pengambilan gambar live-action. Ini termasuk penggunaan alat peraga mekanik, pemandangan, model skala, animatronik, kembang api dan efek atmosfer: menciptakan fisik angin, hujan, kabut, salju, awan, dll Membuat mobil tampak berkendara dengan sendirinya dan meledakkan bangunan adalah contoh efek mekanik. Efek mekanik sering dimasukkan ke set desain dan makeup. Misalnya, satu set dapat dibangun dengan pintu atau dinding break-away untuk meningkatkan adegan perkelahian, atau prostetik make up dapat digunakan untuk membuat aktor terlihat seperti makhluk non-manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar